Kurangi Kecemasan dan Stress dengan Mindfulness

Selama masa pandemi seperti sekarang ini, pasti banyak dari Sahabat MOCO yang merasa tingkat kecemasan serta stress lebih sering muncul ketimbang pada masa-masa normal. Jam kerja yang berantakan, pengurangan gaji, pemutusan hubungan kerja serta semakin sulit mencari pekerjaan menjadi alasan yang paling sering muncul.  Selain itu terbatasnya aktivitas yang bisa dilakukan menambah  tingkat stres.

Semua hal-hal tersebut sebenarnya dapat Sahabat MOCO kurangi dengan beberapa cara salah satunya dengan melatih mindfulness untuk menghadapi kondisi yang sedang terjadi. Menurut Jon Kabat-Zinn dalam bukunya menjelaskan, Mindfulness adalah keadaan untuk fokus dan memiliki kesadaran penuh terhadap momen yang sedang terjadi dengan sikap menerima serta terbuka.

Dengan melatih mindfulness Sahabat MOCO bisa lebih fokus untuk melakukan pekerjaan atau hanya sekedar mencari ketenangan sesaat. Banyak latihan yang dapat di terapkan, namun, ada satu metode yang paling sederhana dan bisa dilakukan kapan saja yaitu metode S.T.O.P.

Stop

Hentikan semua kegiatan yang sedang Sahabat MOCO lakukan, coba untuk keluar dari keadaan sejenak dan berikan otak untuk memproses keadaan sekitar dan mencari tahu apa saja yang salah pada saat itu.

Take a deep breaths

Tarik napas panjang dan dalam serta kosongkan pikiran Sahabat MOCO untuk sejenak. Buat diri Sahabat MOCO setenang mungkin dan fokuskan pikiran Sahabat MOCO pada pernapasan saja samapi merasa lebih tenang.

Observe

Amati reaksi tubuh, emosi, serta pikiran Sahabat MOCO, setelah merasa lebih tenang bawa kembali kesadaran dengan membuat panca indra lebih peka terhadap kondisi sekitar, setelah itu fokuskan pada emosi Sahabat MOCO, buat pertanyaan sederhana pada diri sendiri dan pikiran dengan seksama mengapa tekanan itu bisa muncul.

Proceed

Proses setiap pertanyaan dengan seksama dan bawa kembali pikiran yang lebih fokus kemasa sekarang. Setelah itu lanjutkan kembali semua kegiatan yang sempat Sahabat MOCO hentikan secara perlahan dan berikan fokus yang penuh pada pekerjaan itu.

Metode S.T.O.P di atas dapat Sahabat MOCO lakukan kapan saja dan dimana saja ketika Sahabat MOCO mulai merasa cemas hingga stres, dengan menerapkan metode tadi Sahabat MOCO bisa kembali lebih fokus dan bisa menyelesaikan segala hal dengan lebih baik dan memberikan hasil yang maksimal.

Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Sahabat MOCO semua, nantikan juga kelas-kelas menarik dan inspiratif hanya di mocoacademy.id

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *