5 Tips Sebelum Menjadi Seorang MC

Setiap acara pasti selalu memiliki pemandu acara atau MC, mulai dari acara perlombaan, acara seminar, acara ulang tahun dan acara-acara lainnya baik itu formal maupun informal. Namun untuk menjadi seorang pemandu acara atau MC tidak hanya membacakan urutan acara saja loh, Sahabat MOCO, ada banyak elemen yang harus dipahami baik itu sebelum acara berlangsung maupun ketika acara sedang berlangsung.

Nah beberapa waktu lalu Paman Gery memberikan tips persiapan yang bisa Sahabat MOCO lakukan sebelum menjadi seorang MC loh, kira-kira apa saja tipsnya, yuk kita bahas!

Bersiap untuk tidak didengar

Mungkin bisa dikatakan tips pertama ini agak membingungkan Sahabat MOCO kan, tidak seperti pengisi acara lainnya seorang MC bukanlah sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh para audience karena tugas seorang MC hanyalah memandu jalannya sebuah acara secara runtut serta memperkenalkan setiap pengisi acara yang ada pada acara tersebut. Jika Sahabat MOCO sudah siap untuk tidak didengar maka Sahabat MOCO sudah membentuk mental awal untuk menjadi seorang MC yang baik.

Kenali Audience

Setiap acara memiliki audience-nya masing-masing sehingga Sahabat MOCO tidak bisa menggunakan bahasa yang sama disetiap acara. Sahabat MOCO bisa mencari tahu terlebih dahulu mengenai acara yang akan Sahabat MOCO pandu serta target audience seperti apa yang akan hadir di acara tersebut dengan bertanya kepada penyelenggara. Setelah Sahabat MOCO mengenal target audience acara tersebut maka sesuaikan gaya bahasa, bahasa tubuh serta gaya berpakaian yang sesuai dengan acara tersebut.

Gunakan AIDAS Theory

Jika sebelumnya seorang MC sudah siap untuk tidak didengar, seorang MC juga meninggalkan sebuah kesan pada suatu acara loh, Sahabat MOCO dapat menerapkan teori AIDAS yang berupa Attention, Interest, Desire, Action, and Satisfaction. Dengan menerapkan teori ini selain terlihat lebih profesional seorang MC juga akan memberikan kesan tersendiri pada suatu acara yang telah ia pandu.

Buat Poin dari Susunan Acara

Setiap acara pasti memiliki susuanan yang telah dibuat oleh penyelenggara,setelah Sahabat MOCO mencapatkan susan acara tersebut ada baiknya Sahabat MOCO membuat poin tersendiri sebelum acara dimulai selain memudahkan Sahabat MOCO sebagai seorang MC, Sahabat MOCO juga akan membuat audience memahami dan mengikuti setaip bagian dari acara tersebut. Selain itu membuat poin juga akan membuat Sahabat MOCO terlihat profesioanl sebagai seorang MC baik di mata penyelenggara maupun di mata para audience.

Pahami Lingkungan

Setelah Sahabat MOCO memahami audience dan acara yang akan Sahabat MOCO pandu ada baiknya Sahabat MOCO juga memahami lingkungan sekitar, hal ini dimaksudkan supaya ketika terjadi hal-hal yang tidak terduga ketika acara sedang berlangsung Sahabat MOCO sebagai seorang MC dapat membuat setiap orang tidak merasa terbuang waktunya dengan sia-sia dan membuat acara tetap pada jalurnya. Memahami lingkungan tidak hanya sebatas panggung saja loh, namun juga pada aspek seperti kesigapan penyelenggara, kondisi audience selama acara serta hal-hal lain yang tidak terlihat lainnya.

Nah Sahabat MOCO itu tadi tips-tips yang telah diberikan oleh Paman Gery dan bisa Sahabat MOCO terapkan sebelum menjadi seorang pemandu acara atau MC, semoga artikel kali ini bermanfaat dan menumbuhkan semangat Sahabat MOCO untuk membangun personal barnding yang baik juga, ya. Nantikan kelas-kelas menarik dan inspiratif lainnya hanya di mocoacademy.id dan sampai jumpa di kelas berikutnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *