7 Tips Sukses Melamar Kerja Bagi Freshgraduate

Sebagai seorang freshgraduate, tentunya kamu ingin segera diterima sebagai karyawan di perusahaan idaman ya, Sahabat MOCO. Namun, seringkali keinginan tersebut terhambat akibat minimnya pengalaman.

Terlebih adanya pandemi Covid-19 ini membuat banyak perusahaan mengurangi karyawannya. Proses mencari pekerjaan akhirnya menjadi momok yang menakutkan bagi para freshgraduate.

Melihat sulitnya mencari pekerjaan bagi sebagian freshgraduate, Monica Anggar, seorang praktisi HR pun membagikan solusinya melalui pelatihan di MOCO Academy. Menurut pemilik podcast “askHRlah” ini, terdapat 7 kiat agar diterima bekerja sebagai freshgraduate.

1. Membangun kesadaran diri

Membangun kesadaran diri berarti menjadikan minat serta talenta yang kamu miliki sebagai acuan dalam menentukan karir. Melakukan pekerjaan pun akan lebih mudah jika sesuai dengan bidang yang kamu sukai.

2. Tidak harus berpaku pada jurusan

Karir yang kamu pilih tidak harus linear atau sesuai dengan jurusan yang diambil semasa kuliah. Seringkali peluang yang ada merupakan bidang yang berbeda dengan apa yang telah dipelajari. Maka dari itu, cobalah untuk bersikap dan berpikir lebih fleksibel.

3. Motivasi kerja adalah untuk belajar

Dari sudut pandang seorang HR, Monica Anggar mengakui bahwa ia lebih menyukai kandidat yang memiliki keinginan belajar yang kuat. Menurutnya, keinginan untuk belajar adalah salah satu hal yang membuat seseorang terus bertahan meskipun dihadapkan pada situasi terburuk.

4. Berdiskusi dengan seorang yang lebih memahami

Berdiskusi dengan orang yang lebih memahami akan sangat membantumu. Sebagai freshgraduate, kamu dapat menanyakan kakak kelas atau saudara yang telah terlebih dahulu bekerja. Career center di kampus juga dapat menjadi opsi untuk menanyakan lowongan pekerjaan yang tersedia.

5. Buat daftar pekerjaan yang kamu inginkan

Membuat daftar pekerjaan dapat membantu kamu untuk tetap on track. Kamu juga tidak akan kebingungan ketika sedang mencari lowongan hingga mengirim surat lamaran ke berbagai perusahaan.

6. Asah passion yang kamu miliki

Passion yang kamu miliki tetap harus diasah. Tujuannya tentu agar kamu semakin memiliki ketajaman di bidang itu. Pastinya passion yang terasah akan membantu dalam karir.

7. Mengikuti internship atau magang

Meskipun tidak lagi berstatus mahasiswa, tidak ada salahnya lho untuk mengikuti program internship. Dengan mengikuti magang di suatu perusahaan, kamu dapat belajar banyak mengenai perusahaan serta pola kerja di bidang yang kamu minati. Selain itu, magang adalah salah satu cara untuk melatih kemampuan bekerjamu sebelum diterima sebagai karyawan full time.

Berikut 7 tips agar diterima kerja sebagai freshgraduate. Semoga bermanfaat dan tetap semangat mencari pekerjaan ya, Sahabat MOCO.

Ikuti terus MOCO Academy di laman mocoacademy.id dan nantikan pelatihan menarik lainnya. Sampai jumpa!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *