Kiat Sukses Personal Branding

Sahabat MOCO pasti sudah tidak asing dengan istilah Personal Branding bukan? Belakangan istilah ini semakin sering digunakan untuk mendeskripsikan pengetahuan,  kemampuan serta kepribadian seseorang.

Pada kelas bertajuk “Kiat Sukses Personal Branding” di MOCO Academy, Jumat (25/9/2020), Rono Jatmiko yang kini sedang menjabat sebagai Managing Director di PT. Performa Internasinal Indonesia dan juga seorang konsultan manajemen ini mengatakan bahwa sebenarnya personal branding adalah bagaimana seseorang mengemas apa yang sudah ada pada dirinya.

Selain itu Rono juga memberikan beberapa kiat untuk mengembangkan personal barnding yang baik, loh, Sahabat MOCO. Kira-kira apa saja? Yuk, kita bahas!

1. Strategy
Strategi merupakan tahapan awal yang harus kita lakukan saat membangun personal branding. Nah, pada tahapan awal ini Rono menjelaskan bahwa Sahabat MOCO bisa menggunakan  SWOT Analysis untuk membangun strategi personal branding Sahabat MOCO, loh. SWOT Analysis sendiri terdiri dari Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat dengan menggunakan SWOT Sahabat MOCO bisa mencari hal-hal apa saja yang menjadi kekuatan serta kelamah Sahabat MOCO pada suatu bidang, serta melihat potensi terbaik pada bidang tersebut, dan mencari tahu apa saja yang akan menjadi ancaman kedepannya. 

Setelah itu Sahabat MOCO juga bisa memperkuat SWOT Analusis  tadi dengan mengguanakn  Brand Archetype untuk lebih memperdalam karakter seperti apa yang lebih tepat dipergunakan pada bidang yang telah Sahabat MOCO pilih.

2.Delivery
Setelah menemukan startegi yang baik maka Sahabat MOCO juga harus memikirkan bagaimana melakukan penyampaian yang baik juga. Pada bagian ini Rono memberikan tiga poin yang harus Sahabat MOCO perhatikan yaitu Attitute, Appearance, dan Result.

Ketiga poin tersebut sangatlah penting untuk memberikan penyampaian yang baik terhadap personal branding Sahabat MOCO, jika salah satu diantara ketiga poin tersebut tidak dilakukan maka poin lain serta strategi yang telah Sahabat MOCO lakukan akan menjadi sia-sia, loh.

3.Communication
Tidak hanya strategi dan penyampaian namun komunikasi juga penting dilakukan dalam meningkatkan personal branding yang Sahabat MOCO miliki. Pada bagian ini Rono membaginya ke dalam tiga hal yaitu Networking, Social Media, dan Public Relation.

Pada Networking  Rono menegaskan bahwa bukan siapa yang kita kenal, namun siapa saja yang mengenal kita, karena mereka yang sudah mengenal kita yang akan membatu memperluas jaringan kita nantinya. Sementara Social Media bisa kita digunakan untuk menggambarkan seperti apa diri kita ingin dilihat oleh publik. Dan melalui Public Relation Sahabat MOCO bisa mengetahui apa yang orang lain katakana tentang diri Sahabat MOCO, loh.

4.Consistency
Setelah memahami dan melakukan tiga poin di atas tentunya konsistensi akan menjadi salah satu hal terpenting yang harus Sahabat MOCO terapkan pada personal branding itu sendiri. Karena tanpa adanya konsistensi yang baik, maka semua citra yang telah Sahabat MOCO bangun sebelumnya, akan menjadi sia-sia. Dengan kata lain konsistensi merupakan kunci dari personal branding itu sendiri.

Nah itu tadi beberapa kiat yang diberikan oleh Rono Jatmiko Sahabat MOCO, semoga artikel kali ini bermanfaat dan menumbuhkan semangat Sahabat MOCO untuk membangun personal barnding yang baik juga, ya.

Nantikan kelas-kelas menarik dan inspiratif lainnya hanya di mocoacademy.id dan sampai jumpa di kelas berikutnya!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *